MPLS Awali Tahun Ajaran Baru di SMKN 1 Martapura

WhatsApp Image 2019-07-15 at 5.21.27 PMMasa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mengawali tahun pelajaran 2019/2020 di SMK Negeri 1 Martapura, Senin (15/7/19) pukul 09.00 sampai selesai.  Dua hari sebelumnya tepatnya Sabtu, 13 Juli 2019 juga telah dilaksanakan kegiatan pra MPLS untuk pengarahan kepada siswa baru guna persiapan pelaksanaan MPLS. Upacara pembukaan MPLS yang dihadiri oleh Pengawas Pembina Provinsi Kalimantan Selatan untuk SMKN 1 Martapura dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Negeri 1 Martapura, Dwi Ayati, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan bahwa hal penting yang harus diterapkan siswa di sekolah ini adalah sikap atau atitude yang baik selain penguasaan pengetahuan dan keterampilan.

MPLS merupakan kegiatan yang lazim dilaksanakan di sekolah. Kegiatan itu digunakan untuk melatih disiplin, mengenal lingkungan sekolah, dan mempererat tali persaudaraan antar sesama siswa baru, antar siswa baru dan kakak tingkatnya, antar siswa baru dan seluruh warga sekolah.

MPLS dilaksanakan selama 3 hari sejak Senin s.d. Rabu, 15 s.d. 17 Juli 2019. Siswa yang tergabung dalam MPLS sebanyak 585 orang. Siswa tersebut tersebar dalam delapan Program Keahlian, yaitu Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Multimedia (MM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Farmasi Klinis dan Komunitas (FA), Tata Busana (TB), Tata Boga (TBG).

Jumlah kelas yang digunakan pada kegiatan MPLS sebanyak 17 kelas. Selain ruang kelas, digunakan juga lapangan upacara yang ditutup dengan tenda-tenda dengan dilengkapi kursi plastik. Hal ini dilakukan karena banyaknya jumlah siswa baru yang diterima di SMK Negeri 1 Martapura melebihi kapasitas aula sekolah.

 Materi yang disampaikan antara lain tentang Kurikulum oleh Wakasek bidang Kurikulum, Adiwiyata oleh Tim Adiwiyata Sekolah, Narkoba dari Kejaksaan Negeri Martapura, Pengenalan Daerah oleh Lurah Sekumpul, Pengenalan sarana dan prasarana sekolah oleh Wakasek bidang Sarpras, dan Pengenalan Program Keahlian oleh Ketua Program Keahlian masing-masing. Diharapkan seluruh siswa baru sudah mengenal lingkungan dan kondisi sekolah sebelum pembelajaran aktif dilaksanakan sehingga memudahkan siswa untuk memenuhi seluruh keperluannya dalam kegiatan pembelajaran. Sebelum upacara penutupan dilaksanakan pada hari ke-3, diadakan juga pagelaran seni dan bazar. Secara keseluruhan kegiatan MPLS di bawah koordinasi Wakasek bidang Kesiswaan dan dilaksanakan oleh OSIS berjalan dengan sukses dan lancar.(MR)

Blog Attachment