Ichsan, Pengelola Perpustakaan SMKN 1 Martapura

twitter icanSalah satu alumni SMK Negeri 1 Martapura yang terbilang sukses adalah Ichsan, yang akrab dipanggil “Ka Ichsan”. Ichsan merupakan alumni sekolah ini angkatan tahun 2002, jurusan Sekretaris. Lelaki berumur 31 tahun ini sudah mengabdi di SMK Negeri 1 Martapura selama 11 tahun sebagai pengelola perpustakaan sekolah, tepatnya mulai bulan September tahun 2004. Sehari-hari beliau dengan sabar dan ramah melayani siswa, guru, dan karyawan sekolah yang meminjam atau mengembalikan buku.

Menurut beliau, banyak suka dan duka menjadi seorang pengelola perpustakaan. Salah satu yang menjadi sukanya adalah dapat menyalurkan bakat, hobi, dan kecintaan terhadap buku maupun perpustakaan. Sedangkan yang menjadi dukanya, dalam benak beliau masih teringat ketika tahun 2004 mulai bekerja di perpustakaan ini sampai dengan tahun 2009 kondisi ekonomi yang serba kekurangan padahal beliau seharusnya sudah menjadi salah satu tulang punggung keluarga. Pada tahun 2004 sampai dengan tahun 2006, setiap hari beliau berangkat ke sekolah naik sepeda disebabkan tidak sanggup membeli sepeda motor, karena gaji yang diterima pada waktu itu hanya sebesar Rp 200.000,00. Di awal-awal bekerja di perpustakaan ini, beliau pulang lebih sore karena harus membersihkan dan merapikan perpustakaan yang pada saat itu sangat tidak terawat. Dengan segala keterbatasan, di tahun 2006 beliau bisa membeli sepeda motor bekas walaupun dengan cara mencicil dan ini sangat membantu aktivitas beliau sebagai pengeola perpustakaan di SMK Negeri 1 Martapura.

DSC_0301Ichsan muda pun pernah mengalami pertentangan batin, karena sampai dengan tahun 2009 kehidupan ekonominya tidak mengalami peningkatan sebagai pengelola perpustakaan. Ditambah dorongan dan desakan dari keluarga agar mencari pekerjaan yang lebih layak dengan gaji yang lebih meyakinkan. Akan tetapi, di tahun 2009 akhir ada secercah harapan muncul karena ada pendataan tenaga honor yang nantinya akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Ichsan muda pun kembali bersemangat menjalani aktivitas sebagai pengelola perpustakaan.

Harapan itu pun ternyata tidak sia-sia, di tahun 2014 beliau menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ditugaskan di SMK Negeri 1 Martapura sebagai pengelola perpustakaan, sekolah yang menjadi almamaternya dulu. Pada tahun 2014 itu juga beliau menikah dengan Siti Juwariah yang merupakan adik kelasnya dulu waktu sekolah dan sekarang dikaruniai satu orang putera bernama Muhammad Rafi Firdaus. (Sairoji & Bustanil)

Blog Attachment